SIMAT (silaturahmi matematika)


“Bersama untuk Matematika lebih baik”

         Mengangkat tema “Dengan Silaturahmi Kita Tingkatkan Kualitas Prodi Pendidikan Matematika” acara Silaturahmi Matematika yang merupakan agenda rutin setiap tahunnya berjalan dengan lancar pada Jum’at siang tanggal 13 April 2012 lalu. Acara “SiMat” kali ini Alhamdulillah dihadiri banyak civitas akademika Pendidikan Matematika.Mulai dari Kaprodi, Sekretaris Prodi, dosen, juga delegasi – delegasi kelas  Pemandangan yang langka bisa duduk lesehan bersama dengan dosen dan petinggi prodi. Hal ini menjadikan acara ini special dan berbeda dengan acara – acara pada umumnya yang melibatkan petinggi prodi dan dosen. Dan mungkin saja keakraban diacara “SiMat” kemarin tidak sebegetu hangat jika acara ini berlangsung di gedung yang cukup luas, dan  terlihatnya sekat/batasan antara dosen dan mahasiswa. So, Alhamdulillah yah.. ada Laboratorium Matematika yang bisa dijadikan tempat “lesehan Matematika” yang begitu nyaman.

          Tulisan ini akan menceritakan hasil diskusi dalam acara SiMat kemarin, tentunya sangat perlu diketahui oleh seluruh civitas akademika Pendidikan Matematika Untirta, khususnya mahasiswa pendidikan matematika.
Lest… check this out 
  • “Mengenai keluhan fasilitas kampus, mulai dari AC, Infocus, Kursi, dan juga mengenai KHS dan KRS (tentang input nilai yang telat, dan masa KHS/KRS yang tidak sesuai jadwal)

         Tanggapan dari Prodi: “ Fasilitas menjadi kendala semua civitas akademika, bukan hanya mahasiswa yang merasakannya tetapi dosen juga. Namun mengenai fasilitas kampus, bukan menjadi tanggung jawab Prodi semua sudah menjadi tanggung jawab Fakultas dan Universitas. Target tahun ini atau paling lamabat Januari tahun depan, setiap kelas bisa difasilitasi 1 infocus. Dan semua akan bertahap membaik jika ada kerjasama dari mahasiswa juga untuk ikut merawat semua fasilitas. Mengenai input nilai yang terlambat, itu kebanyakan terjadi pada dosen diluar pendidikan matematika (bukan dosen tetap), justru masalah ini juga terkadang dari mahasiswanya yang masih belum menyelesaikan tugas akhir, atau masih banyak nilai yang belum terkumpul.

  • “mengenai jadwal yang bentrok dan UTS yang tidak dijadwalkan serempak (Seperti UAS)”

      Tanggapan dari Prodi: “Jadwal  sebenarnya sudah didesain dengan baik, namun dalam pelaksanaannya, tekadang dosen dan mahasiswa mempunyai kesepakatan sendiri untuk merubahnya. Jika memang ada perubahan, baiknya tidak mengganggu jadwal kelas lain yang sudah ditetapkan. Kapasitas kelas juga menjadi kendala. Misalnya mahasiswa yang mengulang mata kuliah yang membuat dirinya bentrok dengan jadwal kuliah di kelas-kelas yang berbeda.  Begitupun dengan  jadwal UTS yang sudah resmi dijadwalkan oleh fakultas. Tetapi pelakasanaannya kembali kepada dosen. Sudah mencapai target materi atau belum. Sehingga jadwal UTS sering disesuaikan dengan jawal mata kuliah tersebut.

  • “mengenai Kursi di kelas yang didesain perbaris (5 buah) yang justru hanya menghambur-hamburkan kursi saat UAS dan UTS yang hrus duduk bejarak dengan teman sekelas.”

     Tanggapan Prodi: “mengenai desain kursi yang sekarang, pihak Fakultas yang melakukan dan mempunyai kebijakan tentang hal tersebut. Sebenarnya konfirmasi ke Prodi juga tidak ada. Akan tetapi kita bisa menerima alsannya karena desain baru ini dilakukan untuk menghindari hilangnya kursi di kelas(yang sudah di sediakan tiap kelas). Meminimalisir kerusakan yang terjadi.

  • “Mengenai dosen yang melanjutkan Pendidikan ke Srata selanjutnya, dihadapkan dengan mahasiswa pendidikan matematika yang semakin banyak”

        Tanggapan Prodi: “ Dosen – dosen tetap di Pendidikan matematika ada sekitar 25 orang, mengenai dosen – dosen yang sedang melanjutkan pendidikan (S2 ataupun S3) hal ini dilakukan untuk meningkatkan kulitas dosen – dosen pendidikan matematika, yang tentunya manfaatnya akan juga dirasakan oleh mahasiswa.

  • “mengapa tidak diadakan SP???, kapasitas ruang kelas yang penuh, dan penjadwalan dengan ruang terbatas?”

    Tanggapan prodi: Asumsi yang berkembangan,  bahwa Semester Pendek yang dilakukan mahasiswa menjamin dirinya “pasti lulus”. Bayangkan saja,  kuliah yang normal dilakukan selama 4 bulan / semester berbanding dengan 1 bulan. Apa bisa mengahasilkan nilai yang lebih baik???? . SP bisa diadakan, tetapi bukan untuk yang “Mengulang” melainkan untuk melanjutkan ke semester depan. Agar segera LULUS!!!” Jumlah mahasiswa aktif kali ini di Prodi matematika sekitar 700 orang. Dengan 4 ruang kelas saja!!! Tentu sangan jauh sekali perbandingannya. Ditambah lagi dengan mahasiswa yang masih banyak mengulang mata kuliah, itu yang membuat masalah kapasistas ruangan, dan jadwal sering bentrok!!


  • Nilai C “Tidak Boleh” mengulang???? Dan mengenai “dosen” yang tidak objektif memberikan nilai”

    Tanggapan prodi: “ peraturan nilai C “tidak boleh” mengulang,  untuk menghindari menumpuknya mahasiswa yang mengambil suatu mata kuliah, karena nilai C masih standar baik (nilai C semua di KHS masih bisa nyusun SKirpsi kok). Jika tetap ingin mengulang, mintalah dulu pada dosen mata kuliah anda untuk menurunkan nilainya menjadi “D” baru boleh mengulang J
Mengenai dosen yang tidak objektif, itu ranah dosen yang memiliki wewenang, Prodi sudah menentukan komponen kelulusan, tetapi sering kali mahasiswa yang masih punya hutang nilai yang belum terbayar, seperti belum mengumpulkan tugas, tidak ikut uts, atau lain sebagainnya. Konsultasikan Nilaimu dengan PA( pembimbing Akademik) terlebih dahulu, setelah itu dengan dosen, dan jika ada masalah yang lebih serius.. Konsulatasikan dengan pihak prodi. (baik itu tentang nilai, biaya perkuliahan, dan hal – hal yang berkaitan dengan proses perkuliahan yang sedang dijalani)
Jika Semua sesuai Birokrasi, pemasalahan tidak akan ada” begitu pesah bu Nurul (Kaprodi Pendidikan Matematika Untirta) setelah acara diskusi interaktif berlangsung.

Pesan untuk mahasiswa: “ Kuatkan kembali niat Kita untuk menuntut Ilmu dan meraih cita – cita. Nikamati masa – masa ini dan jangan jadikan keterbatasan fasilitas dan sebagainya penghalang kita untuk maju dan menjadi Prodi terbaik,”

Pesan untuk Himatika: “ kegiatan kemahasiswaan untuk Mahasiswa matematikanya lebih diperbanyak, karena akan menunjang akreditasi prodi juga”




SEMANGAT!!!!!
Semoga informasi ini bermanfaat dan menginspirasi kita semua untuk selalu berusaha menjadi yang terbaik 
Terimakasih…………


screenshoot:




Previous
Next Post »

Terima Kasih telah berkomentar di blog ini EmoticonEmoticon

Sekretariat

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Pakupatan-Serang Gedung PKM B lantai 1 HIMATIKA 081287301010 (Ivan Rivaldi/Admin)