DINAMIKA (Dies Natalies HIMATIKA) ke 12 tahun




DINAMIKA (Dies Natalies Himatika)  merupakan kegiatan besar tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Himatika Untirta). Sebelumnya kegiatan besar ini lebih dikenal dengan kegiatan Semarak Matematika, tetapi pada tahun ini Himatika Untirta membagi beberapa acara Semarak Matematika yang sasarannya mahasiswa agar dapat dilaksanakan lebih awal. Kegiatan DINAMIKA ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yang ada di dalamnya antara lain SIMAT (Silaturahmi Matematika), Lomba Tumpeng, Math Rank, Math Fair, REMATIK (Reuni Alumni Himatika), MSC (Mathematics Sport Competition), FAMS (Festival Accoustic of Mathematics Society), dan yang terakhir kegiatan baru yaitu Desain Poster.

Himatika Untirta terbukti cukup mampu untuk mengadakan acara tahunan ini, dapat dibuktikan dari banyaknnya antusiasme yang ditunjukkan oleh mahasiswa yang ada di Untirta, terutama mahasiswa di jurusan pendidikan matematika dalam menyambut “DINAMIKA” atau hari lahir Himatika Untirta yang sekarang menginjak 12 tahun. Sebagai salah satu perwujudan dari tri dharma perguruan tinggi maka Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (Himatika Untirta) mengadakan kegiatanDINAMIKA (Dies Natalies Himatika) 2015” dengan tema “Better Future for Himatika”.

Adapun maksud dan tujuan penyelenggaraan kegiatan ini diantaranya :
1.      Mempertahankan kredibilitas dan eksistensi Himatika Untirta.
2.      Memperluas jaringan komunikasi Program Studi Pendidikan Matematika Untirta.
3.      Mengembangkan bakat-bakat yang dimiliki mahasiswa Untirta.
4.      Menjaga Keharmonisan antar Civitas Akademika Program Studi Pendidikan Matematika Untirta.
5.      Menjalankan dan meningkatkan profesionalitas kerja Himatika Untirta

         DINAMIKA Himatika Untirta 2015 diselenggarakan pada :
Tanggal : 13 s.d. 27 April 2015
Tempat : Kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang-Banten


Rangkaian Kegiatan

1.        Math Fair
Panitia DINAMIKA bekerjasama dengan beberapa wiraswasta untuk menyelenggarakan berbagai bazaar, ada 10 bazaar yang mengisi stand bazaar seperti bazaar pakaian, makanan, minuman, aksesoris, kebutuhan mahasiswa, dan lain-lain. Math Fair ini berlangsung pada tanggal 13-17 April 2015 di lapangan futsal Untirta. Math Fair ini bertujuan untuk memeriahkan acara DINAMIKA dan menambah pemasukan kas Himatika demi suksesnya acara DINAMIKA ini.

2.        MSC (Mathematics Sport Competition)
Merupakan kompetisi berbagai cabang olahraga yang ditujukan untuk para mahasiswa pendidikan matematika Untirta dari semester awal hingga semester akhir. Cabang olahraga yang dipertandingkan adalah Catur, Futsal, Basket dan Voli.
Adapun pemenang-pemenang dari cabang olahraga tersebut adalah sebagai berikut:
-          Futsal Putra dimenangkan oleh kelas 6AB
-          Futsal Putri dimenangkan oleh kelas 4B
-          Voli Putra dimenangkan oleh kelas 6AB
-          Voli Putri dimenangkan oleh kelas 4B
-          Basket Putra dimenangkan oleh 6AB
-          Basket Putri dimenangkan oleh 4A
-          Catur dimenangkan oleh Asti (4A)
Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 14-17 april dan 20-24 april 2015. Adapun tujuan yang diharapkan pada kegiatan ini antara lain :
a.         Meningkatkan sportivitas pemain.
b.        Mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa pendidikan matematika Untirta.
c.         Tahap pencarian atlet-atlet potensial.

3.        FAMS (Festival Accoustic of Mathematics Society)
Kompetisi seni akustik untuk mahasiswa Untirta, khususnya program studi pendidikan matematika, dengan ini diharapkan dapat meningkatkan minat mahasiswa dalam berkarya dan berkreatifitas dalam bidang tarik suara dan seni musik. Jumlah peserta FAMS tahun ini ada 12 grup dan dimenangkan oleh grup TITIK 9 yang berasal dari Fakultas Hukum. Acara ini bertempat di kantin belakang pada hari rabu 22 april 2015.

4.        Desain Poster
Kompetisi mendesain poster untuk mahasiswa Untirta, khususnya program studi pendidikan matematika, dengan ini diharapkan dapat meningkatkan minat mahasiswa dalam berkarya dan berkreativitas dalam bidang komputer khususnya mendesain. Acara ini menggunakan sistim online di mana peserta membuat desain dalam kurun waktu 3 minggu dan karya-karyanya dikirimkan ke email Dinamika432@gmail.com . Jumlah peserta desain poster mencapai 19 peserta dan dimenangkan oleh M. Dimas dari Fakultas Pertanian.

5.        Math Rank1
Merupakan kegiatan kompetisi pengetahuan umum dan kemampuan matematika yang dimiliki oleh mahasiswa Untirta. Sama seperti halnya acara Ranking 1 pada salah satu stasiun televisi. Dengan acara ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan umum melalui sebuah acara yang menghibur dan menarik. Kegiatan ini berlangsung di aula pkm B pada 28 april 2015. Jumlah peserta mathrank ada 50 peserta dan dimenangkan oleh Tri Budi Santoso dari kelas 6B pendidikan matematika.

6.              SIMAT (Silaturahmi Matematika)
Merupakan kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa, dosen dan staf Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa sebagai upaya menjaga silaturahmi dan sharing seputar beasiswa, juga permasalahan yang terjadi di Jurusan Pendidikan Matematika, baik mengenai masalah fasilitas, kualitas maupun kualitas seluruh civitas akademik Matematika. Kegiatan ini berlangsung di auditorum pada hari selasa 14 april 2015. Pemateri Simat disampaikan langsung oleh sekretaris jurusan Pendidikan matematika yaitu Dr. Heni Pujiastuti M.Pd dan dihadiri oleh dosen-dosen lainnya. Di acara penutup Simat diumumkan juga hasil angket yang sebelumnya sudah dibagikan ke setiap kelas di pendidikan matematika terkait seputar jurusan, juga men-survey dosen favorit mahasiswa dan hasil terbanyak diraih oleh Bapak Ria Sudiana M.Si 

7.      Lomba Tumpeng
Merupakan kegiatan perlombaan tumpeng hias untuk diikuti oleh setiap kelas yang ada di Jurusan Pendidikan Matematika. Bertujuan untuk silaturahmi antar kelas dan memeriahkan acara Silaturahmi Matematika. Kegiatan ini berlangsung sebelum acara SIMAT dimulai yaitu pada hari selasa 14 april 2015. Lomba ini dimenangkan oleh kelas 2B. Setelah para peserta menghias tumpeng kelasnya masing-masing, selanjutnya makan tumpeng bareng yaitu bersama seluruh mahasiswa dan dosen yang hadir dalam acara ini.

8.              REMATIK (Reuni Alumni Himatika)

Merupakan kegiatan temu kangen alumni pengurus HIMATIKA sebagai upaya menjaga silaturahmi dan sharing. Kegiatan ini berlangsung pada hari selasa, 28 april 2015 yang dihadiri oleh demisioner pengurus Himatika dari awal tahun kepengurusan kak Amrin sampai kepengurusan kak Purhadi.
Previous
Next Post »

Terima Kasih telah berkomentar di blog ini EmoticonEmoticon

Sekretariat

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Pakupatan-Serang Gedung PKM B lantai 1 HIMATIKA 081287301010 (Ivan Rivaldi/Admin)