SEMATA IMAGINE 2013


Halo sahabat HIMATIKA UNTIRTA.....!!!!! Apa kabar nih semua? Semoga baik-baik aja yah.. Tau ga temen-temen? HIMATIKA baru aja melaksanakan kegiatan SEMATA. SEMATA itu apa sih? Kalau mahasiswa Untirta sih udah pasti tau sama acara HIMATIKA yang satu ini. Secara ini acara terbesar yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika Untirta setiap tahunnya. Gimana ga besar? SEMATA punya banyak banget serangkaian acara yang sangat seru. Serangkaian acaranya ada CTMP, CTMA, Karikatur, Essay, Seminar Pendidikan, MSC, FAMS, MTQ dan Math Fair.
Sasaran dari acara ini ga cuma mahasiswa/i Program Studi Pendidikan Matematika aja looooh, tapi juga mahasiswa/i se-Untirta serta siswa/i dan guru-guru SMP dan SMA se-Banten. Beeeeuh meriah banget kaaaaaaan? Acara SEMATA ini setiap tahunnya memang selalu ditunggu-tunggu dan disambut antusias. Tentunya acara SEMATA ini juga sudah didukung oleh Dinas Pendidikan Provinsi Banten. Selain itu dalam pelaksanaan SEMATA tahun ini HIMATIKA mendapat banyaaaaak sekali sponsor, yaitu dari PT Indonesia Power, PT Restu Bersama Jaya, PT Nestle, PT Krakatau Steel KIEC, Indosat, Mc Donald’s, dan Sosro.  Pada tahun ini SEMATA memiliki tema Imajinasikan Hidupmu dengan Matematika”.
Acara SEMATA ini diawali dengan kegiatan MSC (Math Sport Competition). Moment-moment ini nih yang ditunggu-tunggu mahasiswa matematika yang seneng banget sama pertandingan olahraga, terutama futsal! Mulai dari mahasiswa semester 1 sampai semester akhir ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Tentunya kegiatan ini memang bertujuan untuk mempererat silaturahmi antara senior dan junior. Masa iya satu jurusan, satu prodi tapi ga saling kenal? Plis deeeeh.. Oh iya, bukan cuma futsal, di kegiatan MSC ini juga ada perlombaan voli, basket dan catur. MSC yang dimulai pada tangal 17 Oktober 2013 ini berakhir pada tanggal 29 Oktober 2013. Selamat ya buat kelas 5A yang udah menangin sebagian besar perlombaan sampai-sampai jadi juara umum deeeeeh...!
Sebelumnya MSC udah nyolong start nih, padahal Opening Ceremony-nya kan tanggal 02 November 2013. Bertempat di Auditorium Untirta, Opening Ceremony SEMATA dilakukan pada pukul 8 pagi, yang dihadiri oleh mahasiswa/i Untirta, serta siswa/i dan guru-guru SMP dan SMA  se-Banten. Acara ini dibuka oleh sambutan dan laporan kegiatan dari Ketua Pelaksana SEMATA yaitu Maulana Musthofa yang melaporkan bahwa serangkaian acara SEMATA tahun ini di sambut dengan baik. Buktinya tak disangka-sangka jumlah peserta yang mengikuti CTMP (Cepat Tepat Matematika tingkat SMP) dan CTMA (Cepat Tepat Matematika tingkat SMA) se-Banten telah mencapai ratusan peserta. Kemudian dilanjutkan oleh sambutan Muhamad Ridwan selaku Ketua Himatika, Bapak Maman Fathurrahman, S.Pd., Si., M.Si selaku Sekretaris Prodi Pendidikan Matematika dan Bapak Asep Muhyidin, M.Pd. selaku Wakil Dekan III FKIP bidang Kemahasiswaan. Dengan diguntingnya pita oleh Bapak Asep Muhyidin, M.Pd maka acara SEMATA ini resmi dibuka. Yeeeeeeeeeeeeay!
Setelah Opening Ceremony peserta Karikatur, CTMP dan CTMA langsung diarahkan untuk melaksanakan seleksi yang dilakukan di gedung A kampus Untirta. Sedangkan, untuk guru-guru pembimbing peserta CTMP dan CTMA serta mahasiswa/i Untirta mengikuti Seminar Pendidikan di Auditorium Untirta. Seminar Pendidikan ini bertema “Implementasi Kurikulum 2013 di Masa Depan”. Pemateri dari Seminar ini adalah rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yaitu Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd., dan juga ada Drs. Julius Juih selaku orang yang ahli dalam bidang kurikulum dan bekerja di pusat kurikulum dan perbukuan provinsi Banten, terakhir pemateri yang tak kalah hebatnya yaitu Bapak Maman Fathurrahman, S.Pd., Si., M.Si beliau adalah dosen muda Untirta yang sudah meraih gelar doktornya dari universitas di luar negeri.  Dan ngga lupa juga nih kalau Seminar Pendidikan ini di moderatori oleh dosen Untirta kita yang muda dan cantik yaitu Ibu Lusiani Dewi  Assaat, S.Si., M.Si.
Bersamaan dengan berlangsungnya Seminar Pendidikan di Auditorium Untirta, peserta CTMP dan CTMA lagi pada berjuang nih di gedung A kampus Untirta gimana caranya bisa lolos di Seleksi Tulis Tahap I ini. Dag dig dug, hening banget deh suasana kelas-kelas saat Seleksi Tahap 1 ini.
            Selain seleksi CTMP dan CTMA, Lomba Karikatur Se-Banten bertema “The Beauty of Math” juga berlangsung di gedung A kampus Untirta. Terhitung ada 63 peserta, yang berasal dari mahasiswa Untirta serta siswa/i SMP dan SMA se-Banten. Dengan bakatnya yang luar biasa, peserta berkreasi membuat matematika menjadi bahan karikatur yang mereka buat sehingga menjadi menarik dan indah. Dan hasilnya? Luarrrr biasa banget karya-karyanya, ga nyangka kalau matematika bisa dijadikan sebuah karya karikatur. Keren bangeeeeet...  Setelah dilakukan penilaian oleh tim juri maka telah  diputuskan bahwa pemenang Lomba Karikatur Se-Banten tahun 2013 adalah Rahmatunnisa dari SMP Plus Assaadah sebagai juara pertama dan Malati Amalia Malik dari SMAN 1 Pandeglang sebagai juara kedua. Selamat yaaaaah!!
            Alhamdulillah ya, selesai juga untuk acara Opening Ceremony, Seminar Pendidikan, Karikatur, serta Seleksi Tahap I CTMP dan CTMA. Asiiiiik bisa pulang deh... Eh tapi ngga ya untuk panitia! Selesainya kegiatan pada hari ini, panitia dengan sabar mengoreksi hasil tes tahap I CTMP dan CTMA. Pengoreksian dilakukan berulang kali sehingga tidak ada satu pun kesalahan dalam penilaian. Pada awalnya CTMP diikuti oleh 40 regu dari berbagai SMP di Banten, yang tiap regunya terdiri dari 3 orang. Setelah bersaing dalam Seleksi Tahap I telah terpilih 22 regu untuk melanjutkan ke seleksi selanjutnya. Begitu pula dengan CTMA, pada awalnya peserta CTMA berjumlah 130 peserta dari berbagai SMA di Banten. Setelah bersaing maka terpilih 21 peserta untuk melanjutkan ke seleksi tahap selanjutnya. Para peserta yang lolos untuk mengikuti seleksi tahap II langsung panitia umumkan hari itu juga melalui blog Himatika Untirta.
            Keesokan harinya, pada tanggal 03 November 2013 terlaksanalah Seleksi Tahap II CTMP dan CTMA serta perlombaan MTQ se-Untirta. Sama seperti Seleksi Tahap I, peserta CTMP dan CTMA melakukan tes tulis yang dilaksanakan di gedung C kampus Untirta yang kemudian akan langsung koreksi dan diumumkan pada hari itu juga. Pada Seleksi Tahap II ini CTMP diseleksi menjadi 9 regu dan CTMA menjadi 9 peserta yang kemudian akan melanjutkan perjuangannya pada Semi Final nanti.
            Bersamaan dengan dilaksanakannya Seleksi Tahap II CTMP dan CTMA, serangkaian acara SEMATA lainnya yaitu MTQ ngga mau kalah seru nih. Bertempat di Masjid Syeikh Nawawi Untirta, MTQ dilaksanakan dengan lancar dan terkendali. Suara-suara merdu para peserta saat membaca Al-Qur’an menenangkan hati bangeeeet. Perlombaan MTQ ini diadakan untuk mahasiswa se-Untirta yang kemudian dijuarai oleh Hasanah SN dari Prodi Pendidikan Matematika. Selamat ya SN, kamu hebat!!
            FAMS (Festival Accoustic of Mathematics Society) adalah serangkaian acara SEMATA lainnya, yaitu sebuah ajang kompetisi akustikan yang diadakan untuk mahasiswa Untirta. FAMS dilaksanakan di kantin belakang kampus Untirta pada tanggal 06 November 2013, tepatnya pada pukul 1 siang. Kegiatan FAMS tahun ini meriah banget ya, walaupun cuaca pada hari itu sempat diserang hujan besar dan angin besar FAMS tetep aja lanjuuuuuut... Keren banget, sampai-sampai penghuni kabel yang lagi makan pada betah dengerin para peserta FAMS yang penampilannya oke-oke dan kece-kece. Pada tahun ini FAMS dijuarai oleh Kla Project (Diyania Setya Pertiwi, Abdul Rasyid L, Agung Febrian R) sebagai juara pertama dan Dian Malindo sebagai juara favorit. Selamaaaaaaaat!!
            Akhirnya tibalah hari dilaksanannya Semi Final dan Final CTMA pada tanggal 09 November 2013. Hari dimana para peserta yang lolos duduk dikursi panas, mengerjakan soal dengan cepat, menekan bel dengan cepat dan menjawab dengan tepat. Setelah melewati Semi Final dan Final CTMA, akhirnya juara satu diraih oleh Ahmad Kosasih dari SMAN 1 Rangkasbitung dan juara kedua diraih oleh Makhsus Bissyarof dari SMAN 1 Kramatwatu, serta juara ketiga diraih oleh Kania Laily Salsabila dari SMAN 2 Kota Serang.
              Keesokan harinya, pada tanggal 10 November 2013 dilaksanakan juga nih Semi Final dan Final CTMP. Walaupun CTMP dilakukan secara beregu, tetapi teknis pelaksanaannya tetap sama dengan CTMA. Setelah melewati Semi Final dan Final CTMP, akhirnya SMP IT Raudhatul Jannah Cilegon meraih juara pertama dan kedua, sedangkan juara ketiganya dari MTs Negeri 1 Kota Serang. Juara pertama CTMP dan CTMA mendapatkan piala bergilir Gubernur Banten. Wow, selamat yaaaa!!
             Selain kegiatan-kegiatan diatas, Himatika juga mewadahi orang-orang yang ingin berwirausaha, yaitu melalui kegiatan Math Fair (Bazar). Math Fair ini dilaksanakan pada tanggal 11-15 November 2013 yang bertempat di Lapangan Basket Untirta dan dimeriahkan oleh 14 stand. Stand Math Fair ini sangat ramai dikunjungi mahasiswa dan dosen Untirta karena bazar ini sangat berwarna. Mulai dari pakaian, tas, kue kering, aksesoris, kosmetik, batik, mukena, jilbab, minuman, makanan ringan, dan lain-lain.  
          Serangkaian acara terakhir dari SEMATA adalah Essay yang dilaksanakan pada tanggal 17 November 2013 bertempat di gedung E Untirta. Essay adalah perlombaan yang menuangkan gagasan dan ide kreatif pribadi dalam sebuah karya tulis. Perlombaan Essay ini bertema “Menggali Potensi Putera Indonesia dengan Matematika”. Selain dikemas dalam bentuk Essay, ide kreatif peserta juga dipresentasikan kepada juri untuk menjelaskan bahkan sampai mempertahankan ide atau gagasannya. Perlombaan Essay ini dijuarai oleh Muhamad Fathan Mubin dari MAN 2 Kota Serang. Selamat ya, Fathan..!
            Akhirnyaaaa dari begitu banyaknya serangkain acara SEMATA selesai sudaaah!! Luar biasa banget kaaan? Oh iya, ngga lupa juga dong dengan acara pembagian hadiah dari para pemenang lomba-lomba diatas? Total hadiahnya adalah Rp 10.000.000,- . Tepatnya pada saat acara Penutupan sekaligus pembagian hadiah yang dilaksanakan pada tanggal 24 November 2013 di gedung E, SEMATA 2013 dengan tema “Imajinasikan Hidupmu dengan Matematika” resmi ditutup oleh Bapak Maman Fathurrahman, S.Pd., Si., M.Si.
            Oh iya, yang terpenting kami selaku panitia sangat berterima kasih ya buat para peserta yang udah berpartisipasi dalam acara ini dan ngga lupa juga buat semua pihak yang udah membantu, makasiiiiih banget. Dan mohon maaf kalau memang masih ada kekurangan dalam acara ini. Buat yang nyesel ga ikutan salah satu serangkaian acara diatas, tenang ajaaaaa karena tahun depan masih ada guuuuuuuuys.. Tunggu kami di SEMATA 2014 ok...???!
Previous
Next Post »

Terima Kasih telah berkomentar di blog ini EmoticonEmoticon

Sekretariat

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Pakupatan-Serang Gedung PKM B lantai 1 HIMATIKA 081287301010 (Ivan Rivaldi/Admin)